Friday, August 26, 2011

Sirna Sudah Harapanku

Assalamualaikum, hallo sodara-sodara se-blogger. Perut gue membuncit cit cit cit cicicuit, pipi gue membengkak kak kak kak kakakakak, lemak bertaburan di mana-mana, tapi berat badan gue segitu-gitu aja, aneh kan. Ya, pokoknya kurang lebih 4 bulan ngelemprak di rumah membuat liburan gue kali ini adalah liburan penuh lemak. Oke penuh lemak, sekali lagi, penuh lemak! Tapi bukan ini yang mau gue bahas di postingan sekarang. Sangat-sangat bertolak belakang sekali. Karena apa? Ya, karena gue mau ngebahas cinta dan harapan gue yang ditolak.
Gue lagi suka sama cowok yang ternyata udah punya cewek? Engga! Bukan itu!
Gue nembak cowok tapi ditolak mentah-mentah, ditinggal gitu aja di Jembatan Tol Jatiwaringin? Hm Naudzubilahimindzalik. Tapi, sekali lagi, bukan, bukan itu!
Terus apa? Ya, ini lebih sakit rasanya dibanding ditolak cinta dan harapannya sama cowok, yaitu.....

CINTA DAN HARAPANKU DI TOLAK SAMA MAS PTN!!!!!

Siapa itu Mas PTN? Ganteng? Baik? Setia? Lo suka? Blablablabla?...... STOP! Bukan, bukan! Mas PTN itu bukan manusia. Melainkan, bangunan kokoh tempat dimana Para Rektor, Dosen, Staf Karyawan, Mahasiswa dan Mahasiswi, Satpam, Ibu Kantin dll menjadikan bangunan itu untuk menghabiskan waktunya di luar rumah. Ya, UI dan UNJ. Cintaku sama dua Kampus itu ditolak mentah-mentah. Mereka tidak membalas cintaku. Hoh, betapa malangnya aku, betapa sakitnya hati ku. Ingin rasanya menangis setiap hari, meratapi gedung itu di layar kaca notebook gue. Tapi apa daya, ngga ada gunanya sama sekali. Waktu ngga bisa diulang. Dan pikir positif aja, siapa tau jalan kesuksesan gue ada di PTS. PTS sama bagusnya kok sama PTN, sama-sama berkualitas. Ya tapi tergantung gimana kita membawa dan memperkenalkan kepada dunia "Nama" PTS itu.

Buuuuut..... Gue mau menceritakan proses penolakan halus itu. Dari mulai test sampe ketar-ketir bukan website buat liat pengumuman.
Berawal dari SNMPTN Undangan. Pilihan Pertama, gue pilih Universitas Padjajaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Niaga dan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Pilihan Kedua, gue pilih Universitas Negri Jakarta, Fakultas Akuntansi, Psikologi dan Pendidikan Guru PAUD. PAUD? Gue mau jadi guru? Hmm gimana ya jelasinnya, gue suka sama anak kecil dan dulu yang ada di pikiran gue, gue harus PTN apapun fakultasnya. Gue mau nyenengin Orang Tua gue, cuma itu yang ada di pikiran gue dulu. Pendaftaran SNMPTN itu bulan Februari-Maret dan gue inget betapa repotnya kedua bulan itu. Sibuk bolak-balik ke BK buat ngelengkapin kekurangan, fotokopi rapot yang banyaknya kayak udah bisa buat rumah kertas, sampe legalisir yang bikin hus has hus has jiwa raga gue. Demi PTN, gue rela ngelakuin ini semua bagaikan seorang Mbak-Mbak yang menjual harta berharganya demi bisa pulang ke Bekasi, padahal rumahnya cuma di Tangerang -_-.

Singkat cerita. Tanggal 18 Mei datang juga. Ada apaan 18 Mei? Huft, Pengumuman SNMPTN Undangan sodara-sodara se-blogger..... Entah kenapa feeling gue, gue lolos SNMPTN Undangan ini, feeling gue gue bakal jadi Mahasiswi UNJ walaupun yang ada di feeling gue saat itu gue bakal di Pendidikan Guru PAUD. Mumet banget kalo inget dulu feeling-feeling gue teriak ini teriak itu pokoknya sok tau banget mereka semua. Akhirnya gue buka pelan-pelan, tapi nasib emang nasib, niatnya pelan-pelan tapi loadingnya bagaikan kuda berlari dan gue liat kata MAAF. Gede, lebay, ngga tega banget ini yang buat kalimat. Oke gue tau apa artinya. Ngga gue terusin baca kalimat setelah Maaf itu. Sakit hati. Langsung gue close dan gue online twitter. Gue liat di Timeline gue banyak yang update "Ngga lolos", "Welcome Swasta", dll. Tapi ada juga anak yang Update-annya lebay, ngga bermaksud sombong tapi keliatannya sombong karena kelebay-annya. Kita semua tau lo seneng tapi jangan gitu juga. Tengok kita dong yang masih terseok-seok jalannya demi mencapai impian kuliah di PTN :")

Akhirnya gue daftar SNMPTN Tertulis. Pagi-pagi beli pin bareng temen-temen di Mandiri Pondok Kelapa. Habis itu ke sekolah sebentar dan malem-malaem gue daftar secara online. Pilihan Pertama gue UI Fakultas Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Pilihan Kedua gue UNJ fakultas Manajemen. Entah kenapa dulu gue cinta banget sama UNJ, di mimpi gue selalu hadir UNJ UNJ UNJ..... Kalo tau UNJ ngga bales cinta gue, ngga gue pilih deh UNJ!

Kenapa ngga nyoba di luar Kota? Dilarang sama Orang Tua. Katanya Islam melarang wanita menetap di suatu tempat tanpa Muhrimnya. Kata Bapak gue, Jakarta aja. Kalo pun pahit-pahitnya ngga dapet PTN, ya PTS aja. Kan PTS di Jakarta bertebaran dari mulai Kalimalang sampe sana sana sana yang ngga gue tau nama daerahnya -_-

Udah lengkap semuanya, gue minta Kakak gue buat print-in kartu Ujian gue tanpa gue cek lagi. Udah di print, gue tinggal gitu aja kartunya di meja belajar gue. Beberapa hari menjelang SNMPTN tertulis, gue online facebook. Di home, mata gue melotot semelotot-lototnya, gue kucek-kucek ala pemain Sinetron buat mastiin gue salah liat atau engga, tangan gue gemeteran, mouse gue ikut geter kena arus tegangan dari tangan gue, klik kiri dan gambar pun membesar.
APA YANG GUE LIAT?????
TEMEN GUE BARU UPLOAD KARTU UJIAN SNMPTN-NYA DI FACEBOOK.
Terus kenapa? Cuma gitu aja? ENGGA, ENGGA, ENGGA, GUE MAU TERIAK SEKARANG, GUE MAU NANGIS MENGAUM-NGAUM!!!!!
Gue ambil Kartu Ujian SNMPTN Tertulis gue yang sudah mulai diselimuti sarang laba-laba cantik di meja belajar. Gue bandingin. Punya dia lebih bagus, lebih segala-galanyaaaaaaaaaa T_T .
Oh gitu doang? Yaelah gue kira kenapa..... BUKAN BUKAN BUKAAAAAN!!!!!! HUWAAAAAAAAAA!!!!!! INI LOH INI LOH INI LOH...... KARTU UJIAN SNMPTN GUE NGGA ADA FOTONYAAAAAAAAAARRRRRGGGGGHHH!!!!! Gue coba ke situs SNMPTN lagi tapi hati gue sedih bagaikan ngga ada satupun ojek di Curug. Sudah ngga bisa diulang lagi........................ Gue pasrah. Baru pendaftaran aja gue udah gagal, gimana pas testnya......... Pesimis banget hati gue waktu itu. Sebagai remaja labil, gue update status di twitter kalo kartu ujian SNMPTN gue ngga ada fotonya. Ada yang bersimpati ada juga yang ngeledekin. Hati gue sedih banget seakan-akan ojek Curug bener-bener ngga ada dan gue jalan kaki dari Curug sampe rumah gue :"( Tiba-tiba hape gue bunyi, sms dari Putri, gue baca sms dari dia sambil melotot semampu gue soalnya dia ngirim hurufnya CAPSLOCK semua "INTAAAAAAAAAN". Feeling gue dia habis jadian atau kembali menaiki ojek Curug yang ngga ada suara mesinnya itu. Gue bales pake Capslock juga, "KENAPAAAAA?". Agak lama Putri ngga bales, akhirnya gue kembali internetan. Hape gue bunyi, langsung gue baca, kali ini ngga Putri capslock lagi. Dia bilang, "Kartu SNMPTN lo juga ngga ada fotonyaaaaaaa? :(". Apa? JUGA? Berarti.................. Alhamdulillah ada teman tanpa foto juga :") Tapi kita beda lokasi, apa kabar kita nanti? Apa yang bakal dilakuin Pengawas SNMPTN yang mukanya ngga terbayangkan di pikiran gue saat itu. Panik panik panik!

Besoknya gue ke sekolah karena ada urusan (LAGI), gue ceritain nasib kartu ujian SNMPTN gue yang ngga ada fotonya itu. Niken bilang kalo Sarah, anak 42 juga, Kartu Ujian SNMPTN-nya juga SEMPET ngga ada fotonya tapi sekarang ada karena diurus ke UNJ. Akhirnya pulang dari Sekolah, ganti baju, Shalat, makan, gue sama Putri meluncur ke UNJ berduaan naik skate board elektrik *tapi boong. Kita dianter sama Papahnya Putri yang lucunya kebangetan itu. Alhamdulillah dengan proses yang sangat sangat sangat singkat, Kartu Ujian SNMPTN gue dana Putri udah ada foto-nya, Alhamdulillah.....

Singkat cerita (lagi-lagi) gue ngga lolos SNMPTN tertulis ini. Tapi gue biasa aja, ngga sedih, gue sok kuat mungkin disini, yah ini pasti Allah yang udah ngasih kekuatan maksimal di diri gue. Gue coba lagi Simak UI dan UMB, ngga ada yang lolos juga. Kesedihan mulai merasuki diri gue, apa yang salah dari diri gue? Liburan ini gue belajar kok, ngga kayak waktu masih sekolah belajarnya dong-donga-an, Kurang berdoa dan Kurang mendekati diri kepada Allah? Alhamdulillah kayaknya bukan itu ya, gue Alhamdulillah liburan ini rajin Shalat. Terus apa? Hm pikiran yang dibenarkan sejuta umat, Allah pengen ngasih yang bener-bener terbaik buat gue :) Tapi........... Jujur gue jujur! Gue iri sama temen gue yang ngga akan gue sebutin namanya, dia bisa dapet PTN di luar Jakarta. FYI, dia ngga pinter, cuma pinter berargumentasi, malesnya juga ngga bisa diobatin pake ocehan Mamah Papah dan Guru-Gurunya. Tapi yasudah lah nasib memang nasib *Soundtrack Mumun si Pocong

"Semangat ku tak akan pernah patah lagi, dancing all night looooong". Huft tiba-tiba aja SM*SH muncul di kamar gue nyanyiin lagu Senyum Semangat..... Gue langsung semangat lagi, gue buka kumpulan soal gue, gue pelajarin semuanya, bahkan gue ngerjain 15 soal Matematika dengan lancaaaaaar plok plok plok. Gue harap Pak Girsang dan Bu Hartini baca blog gue ya :") Liat nih Pak, Bu, saya udah bisa ngerjain soal Matematika loh Pak, Bu... Selamatnya mana? :)
Oke semangat! Gue daftar Penmaba UNJ (Mandirinya UNJ) Beli pin di BNI, sama Putri sama Majid. Niat daftar bareng di warnet biar bisa satu lokasi dan seruangan dan duduknya depan belakang-an. Mulai dari warnet Curug, udah jalan terseok-seok akhirnya menemukan warnetnya seperti habis diterjang air bah dari kalimalang, yak warnetnya lagi direnovasi, batu dimana-mana dan bahkan penjaga warnetnya alih profesi menjadi tukang angkat batu! Oke, ngga menyerah, naik angkot berenti di warnet deket Masjid Al-Ikhsan, tapi apa yang di dapat, monitor udah ada, mouse juga udah ada, eh cpu-nya ngga ada -_- Ada juga yang cpu sama mousenya udah ada tapi monitornya ngga ada -_- Sumpah ngeledek banget warnetnya, Bapak-bapak penjaganya melas banget ngeliatin kita ngga jadi duduk manis menghadap monitor di warnetnya. Maaf ya Pak ^^v. Akhirnya gue ajak Putri jalan jauuuuuh ke warnet satunya lagi, tapi apa yang di dapat? Warnetnya udah berubah jadi Salon entah siapa yang ngerubahnya. Cobaan banget Ya Allah! Ngga menyerah, gue sama Putri nanya ke orang dimana ada warnet lagi, dia bilang di depan Andilo, oke jalan kaki lagi... jaaaaauuuuuh banget, panas terik silau kering, tapi kita tetep bertahan demi mengejar kampus impian kita UNJ! :D *Hhh sebenernya rada UGH gitu buat ngetik kalimat tadi...

Alhamdulillah akhirnya nemu warnet juga depan Andilo, tapi pas gue nyalain monitor gue..... Yak bagus ngga connect, cuma Putri aja yang connect. Majid engga juga. Akhirnya bertigaan malah googling di komputer Putri tanpa mendaftar UNJ. Muter otak secara manual -_- akhirnya Putri punya ide yang rada cemerlang (hahahahaha ^^v) dia bilang kalo kita ke rumah Ersand aja, temen kita juga, rumahnya pake wifi, laptopnya banyak padahal dia ngga punya toko laptop di Ambas..... Akhirnya Putri minta izin ke Ersand, kata Ersand dia lagi di Trisakti dan sebentar lagi pulang daaaaan kita boleh numpang daftar bareng di rumahnya, Alhamdulillah! Untuk hari itu, Ersand bagaikan malaikat di Permata Timur O:) Kita masih aja duduk di warnetnya, agak lama, kita ngobrol ngalor ngidul ngomongin keadaan gunung kidul -_- dan FYI koneksi di komputer Putri udah dia stop. Lagi asik ngobrol, gue ngerasa ada yang liatin gue, gue tengok pelan-pelan, slowmotion ala The Matrix dan apa yang gue liat?! Sepasang mata kecil sinis sok tajem memandang ke arah kita bertiga! Siapakah dia? Yak Mbak-Mbak berkerudung penjaga warnetnya! Jutek banget, sinis, tatapan orang jahat! Gue ajak Putri sama Majid keluar dari warnet itu dan gue bilang "makasih ya Mbak" dengan nada yang you know lah gimana.....
Ngidam bakso Mas Yanto, kita ngelemprak makan bakso di Warung Bakso Mas Yanto. Ersand bilang dia udah di rumah, yaudah deh kita jalan kaki lagi dari Warung itu yang tepatnya ada di bawah Jembatan Tol sampe rumah Ersand yang ada di Permata Timur 1! Bayangkan! Gue sama Putri ngesot-ngesot jalan ke rumah Ersand yang jauh banget dari gerbang Permata Timur 2... Demi UNJ nih demi UNJ, kampus impian kita..... :") Belum lagi, gue kebelet pipis, pokoknya pengen ke toilet banget deh, akhirnya kita lurus ke Masjid An-Noor, numpang ke toilet, gantian sama Putri dan seperti biasa kita takut sama yang hantu-hantuan dan ini apa banget, di kamar mandi itu ada pintu yang selalu tertutup, dan kita nganggepnya yang serem-serem gitu, ngerti kan gimana? Pokoknya kita heboh banget bagaikan Mpok Ati naik hysteria di dufan -_-
Singkat cerita lalalalala gue daftar barengan sama Putri di rumah Ersand. Mulai dari log in barengan, ngisi nama barengan sampe nge-klik icon next pun barengan dan..... KITA SELOKASI, SERUANGAN, DUDUKNYA DEPAN BELAKANGAN HORRRRREEEEE! Gue bahagia banget! Rasa bahagianya kayak lolos jadi Mahasiswi UNJ, kayak loh kayak ya sodara-sodara..... 

Sampe rumah gue online MSN. Chat sama Niken dan dia bilang, dia dikasih tau sama kenalannya, kalo kita nulis nama kita, nomer peserta kita terus nulis lolos fakultas blablablabla di bawah nama dan nomer peserta kita, itu 90% ngebantu kita lolos beneran di fakultas yang kita mau. Yaudah deh akhirnya gue ambil kertas hvs, gue tulis pake spidol item "INTAN MURTI LESTARI (nomer pesertanya gue lupa -_-) LOLOS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA FAKULTAS SOSIOLOGI" gue tempel di kamar, gue baca terus, gue liatin terus dan gue berkhayal jadi Mahasiswi UNJ, tapi ngga tau kenapa gue berkhayalnya bukan di UNJ-nya tapi perjalanan naik angkot apa aja buat ke UNJ-nya -_-. Tapi gue ngga percaya gitu aja, gue tetep belajar jar jar jar setiap jam 10 malem selama sejam ehehehe ^^v

Dan datanglah hari dimana ini penentuan gue PTN atau PTS, ini test yang terakhir, gue harus berhasil, gue harus lolos, gue mau UNJ, gue mau kuliah di PTN kayak temen-temen gue yang lain. Sampe di UNJ, pikiran kacau gue muncul, gue bilang, "Kalo kita megang logo UNJ yang ada di spanduk itu nanti kita bakal lolos Put", dan akhirnya berasa orang aneh banget gue sama Putri megan logo UNJ itu dan langsung kabur, entah orang-orang pada ngekiatin atau ngga. Oh, rupanya gue sama Putri testnya ada di gedung utama UNJ yang kalo dari Tol itu keliatan banget loh, yang banyak kacanya itu yang ada merah-merahnya. Eh eh eh tapi..... Ruangan gue sama Putri dipindah karena ngga muat. Gue udah mikir yah ini pasti ditaro di lapangan... Tapi ternyata kita naik ke lantai atas dan..... Maaf sodara-sodara saya norak banget, saya katro, saya kampungan..... Ruangannya bagus bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttt!!!!! Kayak bioskop! Mulai dari bangkunya yang bertingkat-tingkat, peredam suaranya, gelapnya, layarnya ugh pokoknya kayak test di dalem bioskop deh! Dan yang lebih gue seneng lagi, soalnya gampang loh lebih gampang dari UAN, Alhamdulillah...

Test selesai, gue sama Putri ngeliat seisi "bioskop". Apa yang kita liat?! Banyak yang mukanya mirip sama anak 42 angkatan XXVII loh! Di sebelah Putri ada cowok hitam legam, kurus kering pake kacamata. Mirip siapakah dia? Yak Tesong! Terus, tiga baris di atas gue ada cowok berambut keriting, putih, montok dan bertahi lalat di pipi. Siapakah dia? Yak Coki! Nah diatas "Coki" ada Cewek semi bule, putih, dikuncir terus, mager. Siapakah dia? Yak Jessy! Lalu di sebelah kanan kursi kita, ada cewek berpipi empuk, hitam manis, rambut bagus tapi bedanya yang ini pake kerudung. Siapakah dia? Yak Mimoy! Di sebelah "Mimoy" ada yang mirip Agnes banget! Mulai dari mukanya, rambutnya, kecil-kecilnya, cara jalanannya, pokoknya mirip banget! Ada juga yang jiplak muka sama badannya Hendro dan..... Kata Putri ada yang mirip gue juga bahkan tapi ini anak super lebay. Masa ya, benda mati aja dimarahin, anaknya bawel banget. Marah-marah pake bahasa Korea. Ya Allah..... Kasian lo temennya yang bareng sama dia sampe malu gitu mukanya. Pas orang-orang udah pada keluar, Putri nyobek kertas dan nulis nama dia, nomer peserta dia dan lolos UNJ Fakultas Manajemen, dibaliknya dia nulis nama gue, nomer peserta gue dan lolos UNJ Fakultas Sosiologi dan kita nempelin di belakang kertas nomer peserta yang ditempel di tiap-tiap bangku. Bahkan gue mau nambahin kata "LOLOS" di samping nama gue sama Putru di daftar nama yang di tempel di pintu ruangan kita tapi... Ngga jadi soalnya disitu masih rame dan kita malu. Ritual aneh terus kita jalanin, kita foto-foto bagaikan alay foto di toilet mall biar kita bisa kuliah di UNJ, sungguh aneh tapi nyata banget, jangan ditiru ya ngga baik ngga baik ngga baik.

Pengumuman pun tiba, gue jam 12 malem udah online tapi bolak-balik belum ada pengumuman. Gue cek di group Penmaba UNJ yang ada di facebook, adminnya nge-wall kalo pengumuman baru bisa di buka jam satu siang dan banyak yang ngomel-ngomel ngerasa ditipu. Jam satu siang gue buka lagi, gagal mulu ngga bisa di buka-buka, sepertinya yang buka banyak banget. Yaudah gue tidur siang. Jam 5 sore gue buka lagi dan bisa dan..... TIDAK DITERIMA. Entah setan dari mana yang bisikin gue, gue close langsung itu situs, gue lepas dan gue sobek-sobek kertas HVS yang tadinya gue tempel, gue lempar kartu, soal ujian UNJ gue ke lemari, gue taro paling belakang, gue unlike Penmaba UNJ yang ada di facebook, Disitu gue sakit hati banget, mau nangis banget tapi entah kenapa ngga bisa nangis sama sekali. Yang tadinya gue cinta sama UNJ berubah drastis menjadi benci. Gue belajar udah maksimal, Shalat Wajib, Shalat Malam, Puasa Senin-Kamis, Berdoa udah gue lakuin semua. Tapi yah (lagi-lagi) gue punya pendapat sendiri kalo gue bakal sukses di PTS! Gue yakin itu. Gue PTS, gue harus lebih unggul dari PTN. Banyak orang sukses yang ternyata kuliah di PTS.

Setelah beberapa komitmen, akhirnya Trisakti dan Al-Azhar gue lepas, pertama gue kurang minat sama jurusannya dan yang kedua dari rumah gue ke tempat itu butuh perjuangan banget, bisa-bisa gue ngga pernah lagi liat matahari dari rumah gue. Akhirnya gue daftar Universitas Persada Indonesia YAI, Salemba. Gue cocok sama tempatnya dan fakultasnya juga kesukaan gue banget, Komunikasi! Terus juga di deket YAI ada bioskopnya. Ya semoga aja entar Mbak-Mbak Mas-Mas bioskopnya jadi kenal sama gue karena gue sering nonoton disitu terus dikasih karcis gratis deh, Amin!
Semangat PTS!!!!! :D

Dadah!
 

No comments: